Langsung ke konten utama

INTERPERSONAL 1

INTERPERSONAL 1

Sejarah Jaringan Komunikasi (Online)
Pengembangan komunikasi online dimulai tahun 1960-an, yakni pada saat para peneliti Amerika mengembangkan sebuah protocol yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan informasi melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol itu disebur ARPANET yang diluncurkan pada tahun 1969 dan berkembang menjadi internet.
Pada periode awal, sejak pertengahan 1980-an pendidik menemukan potensi media pendidikan untuk bahasa pengajaran (Cummins, 1996). Integrasi komunikasi melalui komputer di kelas terbagi menjadi dua, yitu:
1. Pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh.
2. Guru mulai menggunakan program software di sync untuk memungkinkan percakapan komputer antar kelas

Komunikasi online semakin dipergunakan dala pendidikan pada tahun 1980 setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi. Komunikasi online dalam mengajar dan penelitian ini dilator belakangi oleh dua periode yang berbeda, yaitu:
1. Ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan di tahun 1980-an
2. Munculnya World Wide Web di pertengahan 1990-an


Polarisasi Internet
Berdasarkan perbedaan status, keadaan, kepribadian, dan kebiasaan para pengguna internet umumnya akan terbentuk kelompok-kelompok atau forum-forum yang memiliki tujuan masing-masing. Pengelompokan di internet juga dapat berasal dari fasilitas internet yang beragam seperti beragamnya layanan yang disediakan internet seperti fasilitas jejaring sosial, fasilitas streaming, fasilitas berbagi informasi, fasilitas unggah dan unduh, fasilitas jual beli, fasilitas cloud software, dan sebagainya. Hal tersebut dapat kita katakan sebagai sebuah polarisasi internet, yang daripadanya akan terbentuk kelompok-kelompok pengguna.
Sebagai contoh polarisasi yang diakibatkan oleh fasilitas internet adalah pembentukan kubu para pengguna. Maka disadari atau tidak anda sudah ikut terpolarisasi dan menjadi bagian dari salah satu kelompok pengguna salah satu fasilitas jejaring sosial.
Selain itupun polarisasi dapat terjadi karena perbedaan layanan pada internet seperti:
1. Jejaring Sosial
Disini user dapat berbagi informasi dan data pribadi maupun berbagi pengetahuan dengan teman yang menggunakan jejaring sosial yang sama. Seperti munculnya sekelompok pengguna facebook atau twitter.
2. Streaming
Dengan fasilitas streaming user dapat berbagi video mereka, serta dapat mengomentari serta me-rating video sendiri maupun orang lain yang mengupload videonya ke situs streaming tersebut.
3. Forum Komunitas Maya
Forum Komunitas maya adalah proses polarisasi internet yang paling jelas terlihat, karena didalamnya jelas terlihat sekumpulan orang dengan kesamaan tertentu seperti kesamaan tempat tinggal, status, hobi, serta kepribadian.
4. Cloud Storage
Fasilitas cloud storage juga merupakan salah satu aspek yang terlibat dalam polarisasi internet. Beberapa user biasanya lebih memilih menggunakan beberapa situs storage lokal yang meminimalisasi waktu unduh dan unggah sementara yang lainnya memilih situs storage luar yang memiliki kapasitas besar.
5. Surel
Surel atau surat elektronik adalah fasilitas penyedia surat-menyurat elektronik (e-mail). Walaupun terdapat kelompok pengguna dalam fasilitas surel, hal ini tidak menutup pengguna fasilitas surel provider lain berkomunikasi dengan kita.
6. Blog
Dengan fasilitas blog, user dapat membagi informasi tentang berbagai hal kepada pembaca blog tersebut. Di internet terdapat beberapa situs yang menyediakan jasa penyediaan blog seperti Blogspot, WordPress, Ngeblogs dan sebagainya.
7. Milist
Milist atau kependekan dari Mailing list memiliki fungsi sebagai penyedia kelompok diskusi online secara real time. Di dalam milist terdapat kelompok-kelompok yang dibagi berdasarkan topic yang dibicarakan dalam kelompok.
8.Chatting dan Teleconference
Layanan chatting dan teleconference dapat digunakan user untuk mengobrol dengan user lain secara real time, bahkan dengan teleconference user dapat bertatap muka dengan user lain secara real time.
Dengan adanya polarisasi internet berdasarkan kegunaanya dapat terjadi pengelompokkan. Baik kelompok yang memiliki tujuan ataupun sebuah kelompok orang yang memiliki kesamaan nasib atau pilihan. Polarisasi internet bahkan dapat terjadi pada sekelompok orang yang secara tidak sadar menggunakan google sebagai search engine, memang tidak ada hubungan/ komunikasi antara mereka namun orang dapat memandang bahwa mereka adalah pengguna google.

Selain itupun dalam dunia maya terdapat forum yang dimana setiap anggotanya menyadari mereka adalah bagian dari forum itu atau bagian dari kelompok itu. Contohnya adalah pengguna forum kaskus yang akan melabelkan setiap anggotanya sebagai kaskusers. Serta dalam kelompok tersebut biasanya terdapat suatu aturan yang tertulis maupun yang berupa tata krama yang merupakan aturan bagi kelompok tersebut dalam bertindak dan berbuat, seperti pelarangan memberikan komentar berbau SARA, flaming, atau spam di suatu thread (artikel)yang merupakan aturan tertulis serta kata sapaan “gan” atau “sis” yang digunakan anggota forum dalam berkomunikasi sesama anggota.

Kelompok Unik dalam Internet
Di dalam dunia internet terdapat banyak sekali kelompok-kelompok atau biasa yang disebut dengan komunitas (fanbase) dari kelompok musik, kelompok jual beli barang, kelompok sosial, dsb. Ini sangat bermanfaat bagi si pengguna karena mulai dari dunia maya kita dapat mengenal satu sama lain orang-orang yang mempunyai hobi dan kebiasaan yang sama, orang-orang yang tadinya tidak kita kenal tetapi dengan adanya kelompok unik ini melalui internet kita dapat bersosialisasi dengan anggota-anggota lain.
Mungkin sudah banyak orang yang mengenal dengan kelompok musik dengan berbagai macam aliran, kalau sudah mendengar kata tersebut maka anggota-anggota yang ikut bergabung dalam kelompok itu akan sangat bangga dan senang karena di dalamnya terdapat berbagai macam hal yang bisa mereka lakukan seperti membuat jadwal berkumpul atau gathering guna saling mengenal, saling berbagi dalam bermusik, dan saling memberi semangat agar kelompok tersebut dapat bertahan lama, selalu kompak, dan akan selalu memberikan yang terbaik bagi kelompoknya sendiri maupun masyarakat luas. Ada lagi tentang kelompok di dalam internet yaitu jual beli barang, yaitu segala jenis barang yang bermerk atau yang sudah grosir dapat dijual disitu tujuannya bagi si pengguna tentu saja menambah penghasilan dan bagi konsumen adalah lebih praktis. Biasanya para komsumen membeli barang di luar rumah seperti di Mall atau tempat-tempat grosiran lainnya, kali ini sudah ada yang lebih praktis lagi tanpa harus keluat rumah yaitu jual beli melalui via online. Barang yang kita inginkan tinggal pesan lewat email atau sms dan siap diantar sampai tujuan. Di Indonesia ini sudah beribu-ribu macam kelompok dan mereka bisa saling berinteraksi satu dengan yang lain dengan sesama komunitas.

Kelompok Kerja dan Brainstorming
Brainstorming adalah grup kreativitas teknik  di mana sebuah kelompok mencoba untukmenemukan solusi untuk suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan daftar ide spontandisumbangkan oleh para anggotanya. Brainstorming dikembangkan dan diciptakan oleh AlexOsborn Faickney  pada tahun 1953 melalui buku Terapan Imajinasi.
Brainstorming adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan Brainstorming dapat dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi alternatif tanpa batas.
MODEL-MODEL dari BRAINSTORMING, ANTARA LAIN :
1.  Verbal Brainstorming 
adalah kegiatan bertukar pikiran dalam sebuah kelompok yang dilakukan secara verbal dengan tatap muka dalam sebuah pertemuan langsung.
2.   Nominal Brainstorming 
adalah kegiatan bertukar pikiran dalam sebuah kelompok akan tetapi tidak dilakukan secara langsung artinya ketika bertukar pikiran menggunakan alat bantu seperti kertas atau dengan cara chatting.
3.   Electronic Brainstorming 
adalah kegiatan bertukar pikiran dalam sebuah kelompok yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan alat seperti group support system. 
  
TAHAPAN DARI TEKNIK BRAINSTORMING
·                     Pemberian informasi dan motivasi
Pada tahap ini leader menjelaskan masalah yang akan dibahas dan latar belakangnya,  kemudian mengajak kelompoknya agar aktif untuk memberikan tanggapannya. 
* Identifikasi
Anggota diajak memberikan sumbang saran pemikiran sebanyak-banyaknya. Semua saran yang diberikan anggota ditampung, ditulis dan jangan dikritik. Pemimpin kelompok dan peserta dibolehkan mengajukan pertanyaan hanya untuk meminta penjelasan.  
* Klasifikasi
Mengklasifikasi berdasarkan kriteria yang dibuat dan disepakati oleh kelompok. Klasifikasi bisa juga berdasarkan struktur / faktor-faktor lain.  
* Verifikasi
Kelompok secara bersama meninjau kembali sumbang saran yang telah diklasifikasikan. Setiap sumbang saran diuji relevansinya dengan permasalahan yang dibahas. Apabila terdapat kesamaan maka yang diambil adalah salah satunya dan yang tidak relevan dicoret. Namun kepada pemberi sumbang saran bisa dimintai argumentasinya.  
* Konklusi (Penyepakatan)
Pimpinan kelompok beserta peserta lain mencoba menyimpulkan butir-butir alternatif pemecahan masalah yang disetujui. Setelah semua puas, maka diambil kesepakatan terakhir cara pemecahan masalah yang dianggap paling tepat. 
  
LANGKAH-LANGKAH TEKNIS  
Langkah-langkah dalam melaksanakan brainstorming, yaitu:
a.      Persiapan. 
1.    Mengundang peserta meeting.
2.    Memberikan agenda acara materi yang akan dibicarakan.
3.    Mempersiapkan ruangan dan fasilitas pendukung lainnya.
b.      Pelaksanaan.
1.    Menentukan batasan waktu yang digunakan.
2.    Menetapkan pimpinan meeting dan pencatat pembicaraaan (notulis).
3.    Menetapkan aturan main (rule of the game) bersama.
4.    Menentukan metode yang digunakan dalam brainstorming.
5.   Memberi kesempatan kepada para peserta untuk menyampaikan ide-idenya.
6.    Menuliskan setiap ide yang dilontarkan peserta.
7.    Melakukan pengelompokan ide yang sejenis.
8.    Melakukan pembahasan ide-ide.
9.    Mengambil keputusan.
10.  Menyimpulkan pembicaraan.
KEUNGGULAN BRAINSTORMING
Ide yang muncul lebih banyak dan beragam  
* Kesalahan akan terdeteksi karena yang terlibat banyak orang
* Waktu dan tenaga dicurahkan oleh banyak orang dan dengan demikian terdapat lebih banyak akses informasi dan keahlian.
     HAMBATAN 
Dalam melakukan teknik brainstorming dapat timbul beberapa hambatan yang disebabkan antara lain:
1. Peserta tidak mematuhi aturan main, misalnya:
     -   Memberi komentar terhadap ide yang dilontarkan peserta lain.
     -   Dalam satu putaran, seorang peserta melontarkan lebih dari satu ide.
     -   Seorang peserta yang belum sampai gilirannya sudah menyampaikan idenya.
     -   Ada peserta yang mendominasi atau memotong pembicaraan peserta lain.
     -   Ada peserta yang bertanya pada saat proses berlangsung.  
2. Pencatat merubah ide (baik isi maupun maksud) yang dilontarkan oleh peserta 
3. Peserta tidak mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang 
4. Hambatan non teknis, seperti : takut salah, kurang antusias, dan kurang ada kerjasama


Kelompok Virtual
Terdapat 10 strategi untuk membangun tim virtual yang dapat diimplementasikan secara langsung.
1. Tentukan sistem kerja
Orang yang berbeda memiliki cara yang berbeda dalam melakukan tugas-tugas. Standar pengaturan dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan menetapkan standar dan mendefinisikan sistem kerja berulang, tim memiliki pertanyaan umum cenderung lebih sedikit dan tahu berapa lama tugas bisa diselesaikan.
Sistem kerja ini memerlukan penyesuaian untuk memungkinkan efektivitas maksimum dan kebebasan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dengan kemampuan terbaik.

2. Membangun beberapa alat komunikasi
Manfaat mendirikan beberapa alat komunikasi ada dua kali lipat. Pertama-tama, tim Anda memiliki cara untuk mengkomunikasikan sesuatu yang mendesak untuk orang yang tepat, segera. Kedua, hal itu menyatukan proses seperti apa yang akan digunakan untuk panggilan konferensi, rekaman layar, dan sebagainya. Alat ini jelas digunakan untuk apa, yang memberikan kontribusi untuk menciptakan perasaan internal kebersamaan.

3. Menjadwalkan pertemuan rutin
Penjadwalan briefing pada waktu yang sama pada hari kerja yang sama memberikan kontribusi untuk menciptakan rutinitas. Rutinitas menciptakan keakraban tim. Membuat tim merasa nyaman dan mengurangi stres. Panggilan video adalah salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan efisiensi karena mereka menciptakan perasaan seperti berada di kantor secara rutin.

4. Memiliki pengiriman yang jelas dan rinci
Cukup memberitahu seseorang untuk melakukan sesuatu biasanya bukan cara yang populer untuk pergi tentang mengelola tim. Micro-mengelola tidak baik yang mengapa beberapa manajer menghindari memberikan instruksi dengan terlalu banyak rincian.
Berikan deskripsi yang lebih rinci tentang tugas-tugas dengan contoh-contoh dari bagaimana hasil akhir akan terlihat. Berikan tim kebebasan untuk melaksanakannya dari instruksi dan harus berurusan dengan kesalahpahaman potensial.

5. Pastikan jam kerja tumpang tindih
Terlepas dari zona waktu anggota tim Anda berada, dianjurkan untuk memiliki setidaknya tiga sampai empat jam sehari di mana sebagian besar tim online pada saat yang sama. Bahkan jika beberapa anggota tim sepertinya tidak saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka, online pada saat yang sama membawa tim lebih dekat dan merupakan pemecahan masalah solusi tercepat yang ada.

6. Menciptakan lingkungan kerja profesional
Pakaian dan lingkungan kerja profesional bebas gangguan merupakan bagian dari budaya perusahaan. Selain itu, pengaturan standar profesional kontribusi agar efisien dan menempatkan orang-orang dengan pola pikir yang benar.

7. Pilih (video) panggilan melalui chattingdan email
Dengan Skype dan email yang tersedia di ujung jari setiap orang, sangat menggoda untuk chatting dan mengirim email cepat setiap kali ada sesuatu untuk didiskusikan. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan kesalahpahaman. Dengan tim virtual, melakukan panggilan video atau setidaknya panggilan biasa lebih dari satu cara untuk menghindari kesalahpahaman. Mereka menghubungkan anggota tim pada tingkat yang lebih pribadi.

8. Temukan orang yang tepat untuk bekerja bersama
Tidak semua orang cocok untuk pekerjaan jarak jauh dan tidak semua orang cocok bekerja dalam tim. Ada banyak tes kepribadian profesional di luar sana, dan mereka dapat menjadi cara yang bagus untuk menentukan apakah seseorang tepat bekerja dalam tim Anda. Jika tidak, beralih ke kandidat berikutnya.

9. Membangun sistem meritokrasi
Meritokrasi – atau proses memberikan penghargaan dan pengakuan berdasarkan keahlian mereka – merangsang orang untuk bekerja lebih keras dan lebih baik.Pastikan untuk mengatur sistem reward untuk menjaga tim Anda termotivasi dan untuk lebih menentukan anggota tim yang dapat mengambil lebih banyak tanggung jawab.

10. Gunakan alat manajemen proyek
Alat manajemen proyek dapat ideal untuk melacak tenggat waktu. Mereka juga mengirim peringatan dan pengingat untuk tenggat waktu dan memberi Anda gambaran singkat harian, mingguan atau bulanan tentang apa yang perlu dilakukan, oleh siapa, dan kapan. Hal-hal seperti Google Docs masih bisa menjadi tambahan yang bagus dan sama berlaku untuk aplikasi pelacakan waktu.
Sumber: http://www.tipswirausaha.com/post/read/2552/10-cara-mengelola-tim-virtual.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU BUDAYA DASAR BAB 2 (Manusia dan Keindahan)

ILMU BUDAYA DASAR II.      Manusia dan Keindahan v   Pengertian Keindahan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, keindahan dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang enak dipandang, sangat bagus, dan elok. Keindahan adalah sifat-sifat yang merujuk pada suatu hal yang indah, dimana manusia mengekspresikan perasaan indah tersebut dengan berbagai hal yang mengandung unsur-unsur estetik ysng kemudian dinilai oleh masyarakat secara umum. v   Pengertian Keindahan yang Seluas-luasnya Keindahan dalam pengertian yang lebih luas juga merupakan pengertian dari bangsa Yunani kuno yang didalamnua mencakup mengenai hal-hal yang bersifat baik. Orang Yunani kuno juga mengenal keindahan dalam arti estetis, bangsa Yunani pada zaman itu menyebutnya “Symetria” yang dikhususkan dalam segi penglihatan, dan  “Harmonia” untuk keindahan dalam segi pendengaran. Jadi dapat disimpulkan, keindahan dalam cakupan luas meliputi keindahan seni, keindahan ...

ILMU BUDAYA DASAR BAB 3 (Manusia dan Tanggung Jawab)

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB DAN MAKNA NYA Pengertian tanggung jawab dalam Kamus Umum Bahasa Besar Indonesia adalah keadaan dimana seseorang wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Adapun tanggung jawab secara definisi merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab bersifat kodrati, yang artinya tanggung jawab itu sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia dan yang pasti masing-masing orang akan memikul suatu tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut. JENIS-JENIS TANGGUNG JAWAB DAN CONTOH NYA 1) Tanggung jawab terhadap Tuhan. Tuhan mencip...

TES PSIKOLOGI ONLINE

Tes psikologi   atau   psikotes   adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi   psikologis , seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis psikometri. Dengan sampel perilaku, satu berarti pengamatan dari tugas yang dilakukan individu telah ditentukan sebelumnya,. Respon ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok   norma . Contoh tes psikologi MBTI yang dilakukan secara online. Kita dapat melihat contoh-contoh kepribadian yang ingin kita ketahui goog_564359793Berikut adalah deskrips dari kepribadian yag kita pilih atau deskripsi kepribadian dari hasil tes yang kita dapatkan. Berikut contoh soal yang diberikan, soal berjumlah 60 butir dan kita harus memilih mana pilihan yang sesuai dengan diri kita. Maka akan diperoleh ha...